Universitas Timor, Kefamenanu; Program Studi Pendidikan Biologi mengadakan Webinar hari ini Selasa, 21 September 2021 dengan tema; Ekohidrologi dan Pengelolaan Air Terintegrasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Peserta berasal dari berbagai perwakilan Dinas, Bapak/Ibu Guru Mahasiswa/I Universitas Timor Program Studi Pendidikan Biologi dengan menghadirkan 3 pembicara, antara lain; 1) Dr. Hans D. Thulstrup prewakilan dari UNESCO untuk Indenesia, 2) Prof. Ignatius Sutapa perwalkilan dari APCE dan 3) Maria Yustiningsih, S.Si., M.Si Universitas Timor. Agenda hari ini dibagi menjadi 3 bagian, antara lain sesi pertama adalah sambutan-sambutan, sesi kedua adalah presenatasi dari speaker kita hari ini dan sesi ketiga merupakan presentasi dari para guru biologi dan mahasiswa program studi pendidikan Biologi Universitas Timor.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya dan merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Pada kesempatan ini Maria Yustiningsih selaku ketua panita juga mengatakan bahwa sebelum webinar ini telah dilaksanakan 4 rangkaian kegiatan sejak bulan April 2021 sampai dengan bulan September 2021. Beberapa kegiatan adalah; 1) Workshop penyegaran tentang ekohidrologi dan water management yang diikuti 10 guru dari 7 SMA perwakilan yang ada di Kabupaten TTU, 2) Pengembangan draft bahan ajar Ekohidrologi dimana prosesnya dimulai dengan hasil dari workshop yang sudah dilakukan sebelumnya dengan menghadirkan para guru perwakilan dari SMA yang ada di Kabupaten TTU, 3) Kegiatan Ekohidrologi Online Class karena sesuai dengan kurikulum MBKM yang sementara diimplementasikan di Universitas Timor mulai semester ini bahwa mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar dari berbagai sumber dan institusi dimana mata kuliah Ekohidrologi menjadi mata kuliah contoh yang telah melakukan implementasi MBKM dengan mengundang Dosen tamu dari berbagai Universitas dan Institusi. Untuk selanjutnya mata kuliah ini direncanakan akan membentuk tim dosen dari berbagai Institusi sebagai implementasi nyata dari kurikulum MBKM. 4) Kegiatan Pengembangan demosite mahasiswa sebagai kelanjutan dari kuliah online ataupun implementasi MBKM. Dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk merancang proyek demosite secara mandiri sebagai implementasi mata kuliah dengan menggunakan mekanisme perlombaan, penulisan proposal dengan menghasilkan 5 proposal terbaik untuk dikembangkan demositenya dan disuport UNESCO. Maka pada program ini, di Program Studi Pendidikan Biologi terdapat 3 mahasiswa yang melakukan penelitian terkait Ekohidrologi, water balance dan pengembangan modul ekohidrologi di SMA. Kegiatan terakhir adalah kegiatan webinar yanmg merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang telah dilakukan. Webinar ini sekalian bertujuan untuk menyampaikan leporan kegiatan juga memberikan kesempatan kepada para mahasiswa yang terlibat di dalam program agara dapat menyampaikan hasil penelitiannya. Diakhir laporannya, Maria Yustiningsih selaku ketua panitia meyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan sehingga terlaksananya program ini serta khususnya kepada mahasiswa yang selalu siap dan semangat, terbuka, siap menerima inovasi yang baru untuk dipelajari.
Dalam sambutannya, Dr. Hans D. Thulstrup perwakilan UNESCO pertama-tama beliau mengucapkan terimakasih banyak, dan selamat bagi panitia Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Timor yang telah berhasil melaksanakan webinar hari ini. Beliau juga berbicara bagaimana webinar ini dapat memberikan sumbangsih terhadap kebijakan-kebijakan politik nantinya yang berhubungan dengan pengelolaan ekohidrologi dan sebagainya serta kita juga dapat belajar banyak dari pembicara-pembicara yang telah diundang pada webinar hari ini.

Sementara itu Prof. Ignatius Sutapa, selaku pembicara 2 mengucapkan banyak terimakasih atas terselenggaranya webinar ini serta kerjasama selama ini yang merupakan kelanjutan dari kegiatan-kegiatan yang lalu. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa konsep ekohidrologi yang telah diendors oleh UNESCO dinilai telah berhasil sebagai pendekatan yang konprehensif dan berkelanjutan untuk menangani permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan sumber daya air dan ekosistemnya. Beliau juga senang karena Unimor menjadi salah satu perintis dan tak lupa juga beliau mengucapkam terimakasih kepada perintis kurikulum. Hal ini merupakan inisiatif yang baik dimana konsep yang telah diendors dilevel UNESCO diberbagai negara yang telah diimplementasikan, diterjemahkan kedalam mata kuliah dan diimplementasikan ke level sekolah.
Semoga ini merupakan awal yang baik untuk memberikan kontribusi-kontribusi didaerah Timur yang merupakan daerah sensitif terhadap perubahan dengan harapan wilayah kering ini bisa menjadi oase penyelesaian permasalahan sumber daya air. Kami di APCE merencanakan mengembangkan demosite di 6 fokus area, salah satunya area semi kering seperti diwilayah NTT dan NTB. Sekali lagi beliau mengucapkan terimakasih dan selamat semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua.
Kemudian diawal sambutannya Rektor Universitas Timor, Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P mengucapkan selamat datang kepada para nara sumber dan peserta webinar yang sudah berkenan hadir secara virtual di webinar ini serta kepada peserta webinar yang mengikuti dan menyampaikan hasil penelitiannya yang berkaitan dengan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan webinar hari ini sesuai dengan topik secara virtual. Berkaitan dengan lahan kering merupakan salah satu persoalan yang dihadapai yaitu terbatasnya ketersediaan air bersih. Oleh karena itu webinar hari ini sangat tepat untuk mendapatkan hal-hal baru yang dapat dikembangkan di wilayah kita Timor Tengah Utara. Berkaitan dengan penerapan merdeka belajar, maka diperlukan kurikulum merdeka belajar sebagai instrument untuk dilaksanakan oleh mahasiswa. Beliau berharap kepada kita semua yang mengkuti webinar hari ini agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kurikulum merdeka yang nantinya dikembangkan dan diaplikasikan ke masyarakat. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Program Studi Pendidikan biologi yang telah menghadirkan pakar-pakar Biologi yang mempunyai keahlian dibidang air. Oleh karena itu manfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya sehingga apa yang diberikan nara sumber dapat menjadi bahan untuk dikembangkan dikemudian hari. Diakhir sambutannya, Rektor Universitas Timor mengucapkan terimakasih kepada nara sumber, panitia dan peserta webinar.
*humasunimor