Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) melakukan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Timor (Prodi PBSI Unimor). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Aula FIP Unimor pada Selasa, 7/03/2023.

Tim asesor LAMDIK yang melakukan asesmen lapangan yakni Dr. Kastam Syamsi, M.Ed (Universitas Negeri Yogyakarta) dan Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd (Universitas Negeri Surabaya).

Sebelum melakukan asesmen lapangan, tim asesor LAMDIK diterima secara resmi oleh Rektor Unimor, Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P dengan pengalungan selendang di halaman Gedung Rektorat Unimor.

Kedua asesor selanjutnya diarak menuju ruang Aula FIP guna memulai kegiatan asesmen lapangan. Tim asesor LAMDIK yang diwakili oleh Kastam Syamsi saat memberikan pengantar dalam acara pembukaan kegiatan asesmen lapangan berharap kondisi Prodi bisa dideskripsikan dengan baik dan sebenar-benarnya agar kegiatan ini berjalan dengan lancar.

“Tolong dibantu agar kegiatan ini berjalan dengan baik. Kegiatan ini adalah pembinaan agar Prodi dan kampus bisa berjalan lebih baik lagi. Apalagi ini letaknya didepan negara tetangga. Jadi Unimor harus cepat berkembang, cepat berkompetisi, minimal lebih baik daripada perguruan tinggi yang ada di di negara sebelah,”harap Kastam.

“Ini mestinya menjadi komitmen kita bersama. Mudah-mudahan kegiatan bisa berjalan lancar dan kelak hasilnya bisa dimaknai dengan baik oleh Dewan Eksekutif LAMDIK sehingga hasilnya lebih baik daripada yang sudah ada sekarang,”tutup dosen pada Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya UNY Yogyakarta terbut.

Selanjutnya Ketua LPPPM Unimor Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa asesmen lapangan hari ini sesuai dengan surat penugasan dari LAMDIK bahwa Prodi PBSI akan mendapat kunjungan dari dua asesor yang telah hadir bersama kita hari ini di Unimor.

“Sesuai dengan mekanisme yang ada, kita sudah melampaui target-target yang ditentukan sesuai dengan asesmen kecukupan, sehingga kita bisa sampai pada titik hari ini yakni asesmen lapangan,” papar Yoseph.

”Kita sangat berharap supaya kegiatan ini berjalan dengan baik, dan juga tim task force bisa memberikan informasi yang komprehensif berkaitan dengan kondisi yang ada di Prodi, semoga proses ini berjalan dengan baik dan lancar sehingga apa yang kita harapkan bisa tercapai dengan baik,” jelas mantan Dekan FKIP Unimor ini.

Sementara itu Rektor Unimor Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P dalam sambutannya mengemukakan bahwa sesuai dengan ketentuan, bahwa untuk eksistensi sebuah Prodi dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, maka pertama-tama harus diakreditasi untuk kelayakan operasinya.

“Terima kasih kepada tim asesor yang sudah datang ke Unimor untuk mengevaluasi apa yang sudah ditulis oleh tim penyusun di Unimor khususnya Prodi PBSI . Semoga hasil evaluasi mendapatkan kelayakannya sehingga kedepan Prodi PBSI tetap bisa menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi,” lanjut Stefanus.

“Semoga apa yang didapat bisa memberikan masukkan kepada kami, sehingga ini menjadi perhatian kami untuk diperbaiki. Hal ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kawasan perbatasan. Kami dari perbatasan juga mau membuat sesuatu untuk Indonesia,” tutup Rektor dengan optimis.

Pantauan Humas Unimor, turut hadir dalam acara pembukaan kegiatan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi Prodi PBSI adalah Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Werenfridus Taena, S.P., M.Si., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Krisantus Tri Pambudi Raharjo, S.P., M.Sc, Kepala Biro Akademik dan Umum Dra. Emmerentiana Immaculata Ukat, Ketua LPPM Dr. Paulus Klau Tahuk, S.Pt., M.P, Dekan FIP Blasius Atini, S.Pd., M.Sc., Ketua Prodi PBSI Metropoly Merlin J. Liubana, S.Pd., M.Pd., serta para dosen di lingkungan Prodi PBSI Unimor.[humas_unimor]


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347