Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor (FIP Unimor) Blasius Atini, S.Pd.,M.Sc., melantik Ketua dan Badan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) FIP Unimor periode 2023-2024. Pelantikan berlangsung di Aula FIP Unimor Kamis, (11/5/23) lalu.

Ketua BEM terlantik, Agustina Gamelia Ka’auni dalam pidatonya mengemukakan bahwa dalam mengelola organisasi menuju suatu tujuan, diperlukan kerja sama, ketulusan dan komunikasi yang baik dengan orang-orang didalamnya.

“Hari ini kita telah memilih untuk lebih mengutamakan kepentingan orang banyak daripada kepentingan diri sendiri, kita harus menjadi teladan yang baik di FIP. Keberhasilan yang akan diperoleh ditentukan oleh langkah hari ini dan saya siap mengabdikan diri selama satu tahun masa bakti disaksikan oleh segenap kita di ruangan Aula FIP ini,” kata mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi ini menutup pidatonya.

Selanjutnya Ketua BLM terlantik, France  Melkianus Angket dalam pidato pelantikannya menguraikan bahwa secara tidak langsung, Tuhan telah memilih kita sebagai mahasiswa untuk menjadi pejuang intelektual dan moral. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mahasiswa juga berfugsi sebagai agent of change, iron stok dan social control.

“Dunia kampus adalaha miniatur kehidupan bernegara. Banyak sekali terselenggara berbagai kegiatan baik itu internal maupun eksternal kampus. Pilihlah dengan bijak kegiatan yang dianggap sesuai dan tidak mengganggu perkuliahan. Mari kita renungkan peranan kita sebagai mahasiswa, mari kita mengabdi kepada masyarakat di dalam ruang lingkup kita terlebih dahulu dalam lingkup Unimor, kita wujud nyatakan sebagai bagian kontribusi kita terhadap bangsa,” tutup mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tersebut.

Sementara itu, Dekan FIP Blasius Atini, S.Pd.,M.Sc., dalam sambutannya menjelaskan bahwa BEM BLM adalah organisasi intra kampus yang diatur dalam UU No.12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, pasal 1 ayat 1, pasal 5 poin C dalam juga didalam pasal 77 ayat 2 poin A,B dan C.

“Disini BEM mempunyai tugas menjalankan garis-garis besar program yang disepakati. Dalam menjalankan tugasnya, akan dipantau oleh BLM. Anda juga mempunyai tanggung jawab menyampaikan aspirasi kepada prodi, fakultas hingga ke universitas. Mahasiswa juga memainkan peran yang sangat penting dalam proses akreditasi. Mari kita bersama-sama bersinergi untuk membangun universitas kita menuju universitas unggul,”sambungnya.

Blasius juga mengharapkan BEM dan BLM yang dilantik untuk mendukung pengembangan fakultas kedepan, tekait dengan akreditasi pada tahun 2028 dengan sinergi yang baik antara mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan kemudian dengan universitas.

“Dan kita juga ingin agar kegiatan mahasiswa itu tidak hanya pada level lokal tetapi pada skala nasional sehingga kita menyumbang prestasi tingkat nasional. Dengan demikian kita mendukung IKU universitas dan kinerja rektor dengan kementerian. Mungkin ini harapan kita kedepan,”lanjutnya.

“Harapan saya kepada pengurus yang dilantik, menjadi pemimpin itu bukan hanya duduk, tapi kita harus menjadi pelayan, kita bergerak maka orang akan mengikuti. Saya mohon kepada BEM dan BLM yang dilantik, tolong kerjasama dengan tiga fakultas untuk agenda-agenda kedepannya. Kita tidak akan sendirian dalam memperjuangkan sesuatu, kita tidak akan sendirian dalam mengerjakan sesuatu,” pungkas Blasius mengakhiri sambutannya.

Turut hadir dalam pelantikan ini Wakil Dekan Bidang Akademik FIP Unimor E. Kristanti, S.Psi., M.A., Ketua BLM Fakultas Pertanian Universitas Timor (Faperta Unimor) Angelo Seran, beserta jajaran pengurus BEM dan BLM FIP Unimor terpilih.


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347