Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan Asesmen Lapangan (AL) Visitasi Akreditasi Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian, Sains dan Kesehatan Universitas Timor (FAPERTA-SAINKES Unimor). Kegiatan asesmen lapangan ini dilakukan secara hybrid (daring dan luring) dari tanggal 28-29 Agustus 2023 di Gedung Kuliah Faperta-SainKes Unimor.

Asesor BAN-PT pada AL Akreditasi Prodi Peternakan yakni Prof. Dr. Ir. Trinil Susilawati, M.S., (Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang) dan Ir. Juni Sumarmono, M.Sc., Ph.D., (Dosen Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto) serta Besar Infusiadi, staf BAN-PT.

Dalam sambutannya, Rektor Unimor Dr. Ir Stefanus Sio, M.P., mengucapkan selamat dan dan terimakasih kepada asesor BAN-PT karena telah berkenan melakukan AL pada Prodi Peternakan Faperta-SainKes Unimor selama dua hari kedepan.

“Setiap prodi yang ada di perguruan tinggi itu harus diakreditasi. Kalau tanpa akreditasi maka prodi itu tidak layak untuk menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi dan juga tidak menghasilkan atau mewisuda mahasiswa yang telah selesai studi,” kata Rektor.

“AL ini dapat dilaksanakan karena Prodi Peternakan Faperta-SainKes Unimor telah menyusun dokumen-dokumen, kemudian selanjutnya dikirimkan ke BAN-PT dan BAN-PT datang melihat dari dekat apakah yang ditulis sesuai dengan kenyataan di lapangan atau tidak,” lanjut Rektor.

“Oleh karena itu, kepada tim akreditasi saya berharap mohon memberikan jawaban sesuai dengan apa yang nanti diverifikasi oleh tim asesor. Kiranya apa yang dilaksanakan hari ini memberikan manfaat untuk kita semua,”pungkas dosen senior pada Prodi Peternakan tersebut.

Selanjutnya ketua tim asesor Prof. Dr. Ir. Trinil Susilawati, M.S., mengungkapkan rasa terima kasih atas sambutan hangat dari civitas akademika Prodi Peternakan Faperta-SainKes Unimor.

“Kami telah melakukan penilaian berdasarkan dokumen yang dikirim. Dan hari ini adalah lebih detail lagi dengan melihat langsung yang ada di prodi. Hari ini penting sekali agar prodi mendapat akreditasi dan yang lebih penting lagi adalah pembinaan yang dilakukan oleh BAN-PT dalam hal ini yang diwakili oleh kami,” ungkap Prof. Trinil.

“Mana-mana yang sudah mencukupi atau sudah bagus dan mana-mana yang masih perlu diperbaiki lagi, mengingat Unimor merupakan ujung tombak dan bersebelahan langsung dengan saudara kita di Timor Leste. Semoga perkembangan dan pengembangan Unimor dan masyarakat di kawasan perbatasan semakin membaik,” tutup Prof. Trinil.

Selanjutnya Ir. Juni Sumarmono, M.Sc., Ph.D., menambahkan kedatangan tim asesor di sini untuk melakukan verifikasi, memastikan semua data yang disampaikan sesuai dengan keadaan sebenarnya.

“Dan kami juga tidak dalam posisi evaluasi saja, tetapi juga pesan dari BAN-PT adalah mungkin bisa memberikan masukan-masukan atau sharing untuk bagaimana Prodi Peternakan secara khusus dan Unimor pada umumnya bisa menjadi lebih maju dengan perbaikan di semua aspek sehingga akan menuju budaya mutu yang pada akhirnya adalah tercapainya visi dari institusi,” ungkap Sekretaris LP3M Unsoed Purwokerto ini.

Hadir secara daring menggunakan zoom meeting sebagai media dalam kegiatan tersebut yakni Prof. Dr. Ir. Trinil Susilawati, M.S., serta hadir secara luring yakni Rektor Dr. Ir Stefanus Sio, M.P., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Marsianus Falo, S.P., M.Si., Dekan FIP Blasius Atini, S.Pd., M.Sc., Dekan Fisipol Dr.A.P.  Aplonia Pala, S.Sos., M.M., Dekan Faperta Eduardus Yosef Neonbeni, S.P., M.P., Ketua LP2M Dr. Aloisius Loka Son, S.Pd., M.Pd., Ketua LP3M Margareta Diana Pangastuti, S.E., M.Si.,Kepala Biro Akademik, Perencanaan, Keuangan dan Umum Dra. Emmerentiana Immaculata Ukat dan tim task force akreditasi Prodi Peternakan serta perwakilan mahasiswa, alumni dan user.


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347