Kefamenanu, Unimor; 13/09/2023; Kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) penelitian dan pengabdian masyarakat (PkM) di Universitas Timor (Unimor) pada tahun 2023 adalah langkah penting dalam memastikan kualitas dan keberhasilan program penelitian dan PkM. Kegiatan Monev bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan penelitian dan PkM dosen yang mendapatkan hibah LPPM-Unimor pada tahun anggaran 2023. Hasil Monev digunakan sebagai parameter keberhasilan pencapaian tujuan dan target yang akan mempengaruhi alokasi anggaran penelitian dan PkM di masa depan.

Kegiatan Monev dilaksanakan selama sekitar 1 minggu, mulai dari tanggal 6 September hingga 11 September 2023. Tim Monev terdiri dari anggota LPPM Unimor dan Pusat Studi yang terlibat dalam pengawasan dan evaluasi pelaksanaan penelitian dan PkM.

Peserta Monev adalah dosen yang telah lolos dalam program penelitian dan PkM hibah LPPM-Unimor pada tahun 2023. Evaluasi dilakukan berdasarkan tim/judul penelitian dan PkM, bukan individu dosen. Instrumen Monev yang digunakan adalah daftar isian kelengkapan dokumen yang mencakup catatan harian, foto, video, catatan penggunaan keuangan, serta kendala dan solusi dalam pelaksanaan penelitian dan PkM. Selain itu, progres pencapaian luaran wajib dan tambahan dari penelitian dan PkM juga dievaluasi.

Kegiatan monitoring dan evaluasi penelitian dan PkM tahun 2023 dilaksanakan oleh tim LPPM dan Pusat Studi (PS) di lingkungan Unimor. Tim monev tersebut terdiri dari:

NoNamaJabatan
1Dr. Aloisius L. Son, S.Pd., M.Pd.Kepala LPPM Unimor
2Yakobus P. E. Saba Agu, S.Pd., M.Sc.Plt. Sekretaris LPPM Unimor
3Prof. Dr. Sirilius Seran S.E., M.S.Ketua PS. Ekonomi dan Kependudukan
4Marce Sherly Kase S.E., M.Si.Sekretaris PS. Ekonomi dan Kependudukan
5Dr. Nikolas Nik, S.P., M. Si.Ketua PS. Lahan Kering
6Asep Ikhsan Gumelar, S.P., MP.Sekretaris PS. Lahan Kering
7Drs. Anselmus Sahan, M.Pd.Ketua PS. Sains dan Humaniora
8Maria Paulin Saridewi, S.Pd., M.Pd.Sekretaris PS. Sains dan Humaniora
9Tri Anggraini, S.IP., MPA.Ketua PS. Asean dan Kawasan Perbatasan
10Handrianus V. M. Wula, S.Kom., M.Si.Sekretaris PS. Asean dan Kawasan Perbatasan
Tabel Tim Monev Universitas Timor

Dalam Monev, evaluasi dilakukan terhadap progres pencapaian luaran yang telah ditargetkan sejak awal pengajuan proposal penelitian dan PkM. Luaran ini mencakup publikasi di jurnal nasional dan internasional, teknologi tepat guna, hak kekayaan intelektual (hak cipta dan hak paten), serta publikasi di media online dan video kegiatan PkM.

Untuk tahun 2023, anggaran yang disediakan untuk ke-116 judul dengan perincian sebagai berikut; penelitian dosen pemula sebanyak 55 judul, penelitian pusat studi 14 judul, penellitian dasar 6 judul, penelitian terapan 3 judul, pengabdian kepada Masyarakat 38 judul Degnan jumlah anggaran sebesar Rp. 1.818.791.000. Besarnya anggaran ini kemungkinan akan dipengaruhi oleh pencapaian iuaran dari penelitian dan PkM yang dievaluasi dalam Monev.

Monitoring dan evaluasi ini adalah langkah wajib untuk memastikan kualitas dan keberlanjutan penelitian dan PkM di universitas. Hal ini juga membantu meningkatkan kapasitas penelitian dan pengembangan model pemberdayaan masyarakat di Unimor.

Dengan adanya kegiatan Monev yang rutin dilakukan setiap tahun, diharapkan penelitian dan PkM di Universitas Timor dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif pada masyarakat serta kontribusi yang berkelanjutan dalam bidang penelitian.humas_unimor


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347