Menindaklanjuti Nota Kesepahaman (MoU) antara Universitas Timor (Unimor) dengan Universitas Jember (Unej),  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unimor dan LPPM Unej menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dirangkaikan dengan Focus Group Discussion (FGD) pada Jumat (20/10/2023) di Gedung Kuliah Lt.1 Faperta-SainKes.

Penandatanganan PKS secara desk to desk ini dilakukan oleh Dr. Aloisius Loka Son, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua LPPM Unimor dengan Prof. Dr. Yuli Pitono, S.TP., MP., sebagai Ketua LPPM Unej, disaksikan langsung Rektor Unimor Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P., dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si., serta para Ketua Pusat Studi di lingkungan Unimor bersama jajarannya.

Rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa penandatanganan PKS antara kedua institusi ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan MoU antara Unimor dan Unej belum lama ini di Jember.

“Ini sesuai dengan tuntutan regulasi, bahwa setiap perguruan tinggi harus meningkatkan kinerjanya. Dan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja adalah melalui kerjasama ini. Sebentar nanti akan kita diskusikan apa-apa yang nantinya bisa kita buat untuk kedua lembaga ini, ”ucap Rektor.

“Oleh karena itu, kepada kita semua, mari kita berdiskusi dengan baik sehingga bisa mendapatkan hasil yang nantinya kita implementasikan kedepan lewat PKS dan FGD ini. Kiranya apa yang kita lakukan ini bisa membawa manfaat untuk kedua institusi ini,” kata Rektor mengakhiri sambutan.

Senada dengan Rektor, Ketua LPPM Unej Prof. Dr. Yuli Pitono, S.TP., MP., mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan Mou antara Rektor Unej dan Rektor Unimor, pada medio September lalu di Jember.

“Pada saat itu ada diskusi, yang mungkin short discussion, intinya adalah bagaimana supaya MoU ini tidak menjadi sleeping agreement, tapi kami ingin agar MoU ini benar-benar implemented di lapangan. Sehingga kami gerak cepat, sesuai dengan tupoksi kami, kami diskusikan dengan WR I Unej bahwa kami sangat concern . Apalagi Unimor ini punya sejarah yang panjang dan tentu saja sebagai etalase  Indonesia di luar negeri, kami menaruh perhatian yang besar. Saya yakin, suatu saat nanti Unimor bisa berkembang menjadi besar” ungkap Prof.Yuli.

“Kami hadir disini untuk saling menyemagati, mensuport teman-teman di Unimor. Banyak sekali potensi-potensi yang bisa kita kembangkan bersama untuk meningkatkan kemaslahatan masyarakat di Pulau Timor,”katanya di akhir sambutan.

Selanjutnya Ketua LPPM Unimor Dr. Aloisius Loka Son, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya memaparkan profile LPPM Unimor produk-produk layanan pada LPPM serta capaian kinerja LPPM sejauh ini.

“Harapan kami,semoga kehadiran LPPM Unej bisa membawa perubahan bagi kami di Unimor. Kami juga mengharapkan  bisa banyak memberikan sharing  terkait tata kelola LPPM, publikasi, pengelolaan jurnal sampai pada proses hak cipta dan paten. Semoga dari hasil diskusi, kita bisa mendapatkan formulasi terbaik untuk implementasinya,”pungkas Dr.Alo sapaan akrabnya.

Turut mendampingi Ketua LPPM Unej dalam lawatan ke Unimor yaitu : Sekretaris I Dr. Ali Badrudin, Sekretaris II Fendy Setyawan, SH., MH., Sekretaris III Dr. M. Rondhi.


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347