Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Timor (Unimor) melakukan yudisium sarjana Strata Satu (S1) tahun akademik 2023/2024 di aula Gedung Student Centre, Jumat (27/10/2023).

Pada gelaran yudisium kali ini, Fisip Unimor meluluskan 81 orang mahasiswa yang terdiri dari 40 mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan dan 41 mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara.

Dekan Fisipol Dr.A.P.  Aplonia Pala, S.Sos., M.M., dalam sambutan awalnya mengajak para yuibilaris memanjatkan terimakasih dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkatNya sehingga para yubilaris boleh melewati semua proses akademik sejak bergabung di Fisipol hingga pada tahapan yudisium hari ini.

“Hari ini merupakan momen yang sangat berharga, sangat membahagiakan bagi para yubilaris,. Dimana bagi kita boleh dilantik menjadi sarjana ilmu pemerintahan dan sarjana sosial untuk ilmu administrasi negara. Hari ini dari fakultas siap siap untuk melepas pergikan kita semua kembali berbaur di tengah masyarakat. Oleh karena itu harapan dari kami adalah tetap menjaga nama baik lembaga Unimor, nama baik Fisipol dan di pundak kalian kami titipkan prodi kita masing-masing. Tolong jaga nama baik lembaga itu dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

“Bagi yang belum bekerja, hari ini setelah dilantik, anda akan  dilepas pergi bergabung dengan masyarakat. Silahkan berkompetisi untuk mendapatkan pekerjaan. Kita tidak diharapkan untuk mencari kerja dari tempat ke tempat, alangkah baiknya kita mampu untuk menciptakan dunia kerja untuk kita sendiri. Itu yang kami harapkan,”urainya.

Bagi sarjana-sarjana baik dari Prodi Administrasi Negara dan Prodi Ilmu Pemerintahan yang sudah bekerja, Dekan mengharapkan dengan gelar sarjana yang didapat, akan lebih meningkatkan kinerja yang lebih baik dari kondisi sebelumnya.

“Di tempat kerja, kami penuh harap kepada yubilaris sekalian, jadilah agen word of mouth yang untuk universitas, fakultas dan prodi kita masing-masing sehingga membawa dampak yang baik bagi almamatermu ini, ” pinta Dekan di akhir sambutan.

Selanjutnya Meynny Paolina Kalembang dalam sambutannya mewakili lulusan  mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu dosen telah sudi mendidik, memberikan arahan, dorongan, memberi motivasi dan inspirasi serta memberikan pelayanan terbaik sehingga dapat menyelesaikan tugas akhir hingga sampai ke tahap ini.

“Setelah ini, langkah kaki akan membawa kami masing-masing kepada mimpi, harapan dan cita-cita kami. Terimakasih sekali lagi karena bapak ibu dosen telah menghadirkan semangat baru untuk kami dapat mengejarnya,” katanya di akhir sambutan.

Mewakili Rektor Unimor, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Marsianus Fallo, S.P., M.Si., dalam sambutannya menyatakan bahwa yudisium adalah agenda paling penting bagi mahasiswa karena merupakan momen pengukuhan kelulusan setelah menempuh studi selama jangka waktu tertentu serta telah memenuhu syarat kelulusan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Satu pesan penting yang tidak akan kita lupakan dari nilai pendidikan yang diajarkan oleh Ki hajar Dewantara  yakni prinsip Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani. Mari kita maknai bahwa saudara adalah pemimpin bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Mari kita menjadi teladan di depan, menjadi kekuatan utama dalam menggerakkan serta menjadi garda pengawal dalam menerjemahkan nilai-nilai kebenaran,” tuturnya.

“Sebentar lagi saudara akan menjadi alumni. Sebagai alumni, saudara merupakan representasi Unimor di masyarakat. Perilaku saudara di masyarakat akan menjadi cerminan kampus ini. Oleh karena itu kami berpesan agar saudara ikut menjaga nama baik almamater dengan selalu berpikir, berkata dan berbuat yang baik. Amalkanlah ilmu yang didapat dalam profesi saudara masing-masing secara bertanggung jawab dan berkualitas,” lanjutnya.

“Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Unimor, kami juga tetap mengharapkan adanya saran dan kritik yang konstruktif demi membangun dan membesarkan Unimor. Kami menyadari sepenuhnya bahwa apa yang telah diberikan oleh Unimor melalui Fisipol belumlah sempurna dalam berbagai aspek. Untuk itu atas nama pimpinan dan lembaga memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kekurangan ini. Semoga peserta yudisium hari ini bisa meraih sukses dan menggapai masa depan yang gemilang,” tutupnya mengakhiri sambutan.

Dari hasil olahan data yang diperoleh Humas Unimor, lulusan terbaik dari Prodi Ilmu Pemerintahan diraih Meynny Paolina Kalembang dengan IPK 3,61 serta lulusan terbaik dari Prodi Ilmu Administrasi Negara diraih Apryanto Gebyanus Putra Haukilo dengan IPK 3,61.

Turut hadir dalam acara ini Ketua Senat Fisipol Stefanus Bekun, S.Sos., M.AP., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Agustinus Longa Tiza, S.Sos., M.AP., Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Marisa S.B. Seran, S.AB., M.Si., Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Yakobus Kolne, S.Ip., M.Si., Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara Yoakim Rembu, S.Sos., M.AP., Sub Koordinator Tata Usaha Wilprima M.F. Seran, S.E., jajaran dosen di lingkungan Fisipol serta tenaga kependidikan.


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347