Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu siap menerima 2700 orang calon mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Untuk mendukung jangkauan penyebaran informasi ke sekolah dan siswa tentang SNPMB Tahun 2024, maka panitia pengelola kegiatan sosialisasi dan promosi Unimor melaksanakan kegiatan pembekalan bagi tim sosialisasi dan promosi pada  Rabu (24/1/2024) di Aula Gedung Student Centre.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Unimor Dr. Ir. Stefanus Sio., M.P. didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Emanuel Be, S.E., M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Marsianus Falo, S.P., M.Si., Kepala Biro Akademik, Perencanaan, Keuangan dan Umum, Dra. Emmerentiana Immaculata Ukat, serta Koordinator Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas, Petrus D. O. Oetpah, S.Fil.

SOSPRO2

Rektor Unimor dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi merupakan tugas rutin dan harus dilaksanakan oleh seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia dan ditegaskan lagi dalam rapat forum rektor beberapa waktu yang lalu. Dalam rapat forum rektor, disampaikan bahwa banyak masalah yang dihadapi  dalam penerimaan mahasiswa baru. Banyak siswa di sekolah-sekolah yang tidak memahami atau tidak mengerti apa yang harus dilakukan untuk bias masuk ke perguruan tinggi negeri.

“Untuk tahun 2024, kita usulkan 2700 orang calon mahasiwa baru. Untuk mencapai ini kita harus melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dengan turun melakukan sosialisasi. Sebelum turun ke lapangan, tim perlu dibekali dengan materi atau pengetahuan – pengetahuan yang berkaitan dengan sosialisasi. Oleh karena itu pada hari ini kita diundang untuk mendapatkan informasi dari narasumber agar apa yang kita sampaikan ke sekolah dan siswa benar – benar sesuai dengan aturan yang berlaku,” urai Rektor.

“Tim sosialisasi dan promosi adalah duta dari Unimor yang akan memberikan pencerahan kepada mereka berkaitan dengan mekanisme pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri. Saya berharap kegiatan ini diikuti sampai tuntas sehingga dapat memahami dengan baik hal-hal yang akan disampaikan dari para narasumber di sini sehingga proses transfer informasi ke sekolah dan para siswa tentang mekanisme pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri bisa diterima dengan baik,” ungkap Rektor di akhir sambutan.

Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi dan promosi SNPMB ke sekolah-sekolah akan dilaksanakan sesuai dengan panduan dan petunjuk dari Panitia Pusat SNPMB tahun 2024. Tujuan kegiatan ini juga untuk membekali tim sosialisasi dan promosi Unimor agar dapat memberikan informasi yang komprehensif berkaitan dengan SNPMB 2024. Materi pembekalan berupa profil Unimor dan materi yang berkaitan dengan SNPMB baik itu dari tahapan pembuatan akun sekolah dan siswa, pengisian data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), Tahapan Seleksi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yakni prestasi akademik maupun non akademik serta Tahapan Seleksi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau yang lazim dikenal dengan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Materi pembekalan berkaitan dengan profil Unimor dan kebijakan nasional mengenai SNPMB, SNBP dan SNBT disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama sedangkan proses dan tahapan pembuatan akun SNPMB, tahapan seleksi SNBP dan SNBT disampaikan oleh Koordinator Perencanaan Kerjasama dan Humas.

“Kegiatan sosialisasi dan promosi SNPMB tahun 2024 akan dilaksanakan di wilayah regional NTT dalam dua tahap. Untuk tahap pertama tim  akan melakukan sosialisasi ke semua SMA/SMK/MA yang ada di Pulau Timor yakni Kabupaten TTU sebanyak 56 sekolah, Kabupaten Belu sebanyak 34 sekolah dan Kabupaten Malaka sebanyak 43 sekolah dengan melibatkan 266 orang tim sosialisasi dan promosi yang merupakan kolaborasi antara dosen dan tenaga kependidikan yang ada di Unimor. Sedangkan untuk tahap kedua direncanakan di Kabupaten TTS, Kabupaten Alor, Kabupaten Rote Ndao, kabupaten-kabupaten di Pulau Flores serta kabupaten-kabupaten di Pulau Sumba,” lanjutnya.

SOSPRO3

“Jadwal pelaksanaan sosialisasi dan promosi SNPMB Tahun 2024 oleh tim dari Unimor untuk Kabupaten Belu dan Malaka akan dilaksanakan pada tanggal 29 sampai dengan tanggal 30 Januari 2024 dan Kabupaten TTU akan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari sampai dengan tanggal 01 Februari 2024. Sedangkan untuk Kabupaten TTS dan luar Pulau Timor dijadwalkan pada minggu pertama bulan Februari 2024,” tutup Dr. Yoseph.

Close-up, tampakan abstrak arsitektur geometris.
Close-up, tampak sebuah jendela pada bangunan putih.
Tampilan jarak dekat sudut bangunan geometris putih dengan titik tajam dan sudut bulat.
Close-up, tampakan abstrak arsitektur geometris.
Close-up, tampak sebuah jendela pada bangunan putih.
Tampilan jarak dekat sudut bangunan geometris putih dengan titik tajam dan sudut bulat.

Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347