Kefamenanu, 3 Juni 2024 – Universitas Timor menggelar upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di halaman depan Rektorat Universitas Timor. Dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”, acara tersebut dihadiri oleh Pejabat Utama, seluruh Dosen, Tenaga Kependidikan Unimor, serta mahasiswa. Tujuan utama dari upacara ini adalah untuk mengingat dan memperkuat kembali nilai-nilai Pancasila sebagai landasan negara dan ideologi bangsa Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Dr. Emanuel Be, S.E., M.Si Si., bertindak sebagai pembina upacara. Upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, diikuti oleh pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur upacara dan pembacaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 oleh petugas upacara. Dalam amanatnya, Dr. Emanuel Be membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, yang menekankan tema harlah Pancasila tahun ini, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” ungkap Dr. Emanuel Be. Dia juga menegaskan pentingnya keteladanan dari para pemimpin dan rakyat Indonesia yang mencerminkan etika, integritas, dan karakter yang berlandaskan Pancasila. Dalam menghadapi tantangan perkembangan global yang ditandai oleh kemajuan pesat teknologi komunikasi, Dr. Emanuel Be mengajak seluruh komponen bangsa untuk menggunakan teknologi informasi secara bijaksana, menyebarkan konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Lebih lanjut Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian, menyongsong bonus demografi yang akan menjadikan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Mengakhiri pidatonya, Dr. Emanuel Be mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. “Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” tutur Dr. Emanuel Be.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya dengan semangat. humas_unimor


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347