Universitas Timor (Unimor) menggelar wisuda bagi 708 lulusan Program Studi (Prodi) Diploma Tiga (D3) dan Program Sarjana Strata Satu (S1) melalui Sidang Terbuka Senat Universitas Timor Dalam Rangka Wisuda ke-29, yang diselenggarakan pada hari Rabu (12/6/2024) di Aula Gereja Santa Theresia Kefamenanu.

Turut hadir di acara tersebut yakni Wakil Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Drs. Eusabius Binsasi, Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloisius Haleserens, MM., Pejabat yang mewakili Bupati Timor Tengah Selatan (TTS) yaitu Staf Alhi Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Apris Manafe, S.E., M.Si., Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Belu, Apolinaris M. Susar, S.Sos, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTU Beato Yosef FR Omenu, S.STP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malaka, Yanuarius Boko, S.Ag., M.Sc., pejabat yang mewakili Kapolres TTU, pejabat yang mewakili Dandim 1618 TTU, pimpinan BUMN mitra, para pimpinan perguruan tinggi mitra, serta Prof. Dr. Kim Soo-Il, Dosen dari Busan University Of Foreign Studies dan mantan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, yang pada kesempatanwisuda kali ini,  akan membawakan orasi ilmiah berjudul Succes Is Sculpture.

Rektor Unimor Dr.Ir.Stefanus Sio, M.P., dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para wisudawan/wati atas segenap perjuangan, jerih payah, ketekunan dan keuletan serta di diiringi doa dari orangtua dan keluarga, para wisudawan telah berhasil meraih gelar akademik dengan berbagai macam predikat, dimana gelar tersebut sebagai bentuk pengakuan terhadap kompetensi sekaligus pengingat akan suatu tanggung jawab baru yang akan diemban dalam memberi sumbangsih bagi masyarakat dan negara.

Rektor menyampaikan bahwa Unimor sebagai perguruan tinggi negeri di wilayah perbatasan tetap berkomitmen untuk menghasilkan SDM yang yang unggul dan berkarakter yang dibutuhkan untk membangun masyarakat bagsa dan negara, khususnya di wilayah perbatasan NKRI.

“Kita patut bersyukur dan bangga karena Unimor sudah memberi kontribusi yang baik bagi pembangunan di Indonesia umumnya dan khususnya di Propinsi NTT dan lebih khusus di kabupaten TTU, TTS, Belu dan Malaka. Dalam rentang waktu 23 tahun, Unimor terus berbenah untuk meningkatkan kualitas SDM. Semua dinamika yang terjadi memberi nuansa warna dan rasa tersendiri tentang Unimor di mata masyarakat,” terang Rektor.

Dr. Stefanus lebih lanjut menyampaikan bahwa saat ini kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan Indonesia berkelanjutan. Para mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi harus disiapkan menjadi pembelajar yang sejati dan ulet.

“Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) yang diadakan pemerintah merupakan kerangka dalam menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman dan siap menjadi  pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Unimor sendiri sudah memulainya dalam dengan mengirimkan mahasiswa untuk ikut rangka memberikan pengalaman belajar yang bermakna dalam implementasi  MB-KM,” lanjutnya.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para dosen, tenaga kependidikan dan seluruh pihak yang telah bekerja keras, cerdas dan tuntas sehingga pada hari ini 708 orang yang tersebar pada fakultas dan prodi – prodi yang ada di Unimor bisan diwisuda dengan lancar dan sukses,” pungkas Rektor.

Selanjutnya Wakil Bupati TTU, Drs. Eusabius Binsasi dalam sambutannya atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten TTU mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas pencapaian yang telah diraih.

Drs. Eusabius Binsasi melanjutkan bahwa hari ini sebagai puncak dari perjalanan panjang yang penuh dengan kerja keras, pengorbanan dan dedikasi, para wisudawan tidak hanya meraih gelar akademik, tetapi juga meneguhkan diri sebagai generasi muda yang siap berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Wakil Bupati menambahkan bahwa pemerintah kabupaten TTU berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan pendidikan dengan berupaya menyediakan fasilitas dan kebijakan yang mendukung kemajuan dunia pendidikan sehingga generasi muda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meraih cita-cita dan mengabdi bagi bangsa.

“Teruslah belajar dan berinovasi dan berinovasi karena tantangan masa depan memerlukan pribadi-pribadi yang tangguh dan kreatif.  Dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat menanti kontribusi nyata dari kalian semua. Jadilah agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar. Gunakanlah ilmu dan keterampilan yang diperoleh bagi daerah masing – masing agar semakin maju dan sejahtera ” ungkapnya di akhir sambutan.

Berikut data jumlah wisudawan hari ini yang dirangkum Humas Unimor yaitu Prodi Agroteknologi 34 wisudawan, Prodi Agribisnis 35 wisudawan, Prodi Peternakan 61 wisudawan, Prodi Teknologi Informasi 38 wisudawan, Prodi Kimia 33 wisudawan, Prodi Matematika 22 wisudawan, Prodi Biologi 39 wisudawan, Prodi D3 Keperawatan 11 wisudawan, Prodi Ilmu Pemerintahan 62 wisudawan, Prodi Ilmu Adminitrasi Negara 122 wisudawan, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 36 wisudawan, Prodi Bahasa Inggris 15 wisudawan, Prodi Pendidikan Biologi 65 wisudawan, Prodi Pendidikan Matematika 21 wisudawan, Prodi Manajemen 60 wisudawan dan Prodi Ekonomi Pembangunan 54 wisudawan.

Adapun yang keluar sebagai wisudawan terbaik dari Prodi Agroteknologi, Asri Loni, S.P., IPK 3,56, Prodi Agribisnis, Veronika Yuliana Luruk, S.P., IPK 3,51, Prodi Peternakan, Ludowika Jessye Jelita Ninu, S.Pt., IPK 3,61, Prodi Kimia, Patrisius Maryanto Bria, S.Si., IPK 3,72, Prodi Matematika, Anggelica Yunita Liu, S.Si., IPK 3,85, Prodi Biologi, Stefania Clarita Mandonsa, S.Si., IPK 3,85, Prodi Ilmu Pemerintahan, Oktovianus Beti, S.IP, IPK 3,58, Prodi Ilmu Administrasi Negara, Dionisia Advenia Amuna, S.Sos, IPK 3,54., Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Alfonsia Erlinda Meas, S.Pd., IPK 3,84, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Bernadette Ezoeranza Louiza Maria Lake, S.Pd, IPK 3,69,  Prodi Pendidikan Biologi, Dian Irnawati Pah, S.Pd., IPK 3,74, Prodi Pendidikan Matematika, Maria Fransiska Venidora Solo, S.Pd., IPK 3,79, Prodi Manajemen, Rahayu Febriyani, S.E., IPK 3,59 dan Prodi Ekonomi Pembangunan, Lolita Germani Abi, S.E., IPK 3,75.

Dengan adanya proses wisuda pada hari ini, sejak berdiri Unimor telah berhasil melepas sebanyak 12258 orang sarjana dan ahli madya ke tengah tengah masyarakat untuk berkarya sesuai kompetensi dan bidang keilmuan masing masing.


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347