Kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Profesi (KKP) Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Sains, dan Kesehatan Universitas Timor (Unimor) dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Juni 2024 pukul 09.00 WITA di Aula Arnoldus Lt.3 Fapertasainskes Unimor. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan doa oleh petugas.

Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen dari Program Studi Agroteknologi, serta WD1 Fapertasainskes Unimor, Agustinus Nobatonis, S.P., dan 70 mahasiswa semester 4 Program Studi Agroteknologi Fapertasainskes. Tujuan kegiatan pembekalan ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa dalam mengikuti KKP tahun 2024 dengan tema “Inovasi dan Teknologi Pertanian Presisi Berbasis Sumber Daya Lokal di Lahan Kering”.

Dalam sambutannya, Zofar Igluis Banunaek, S.T., M.T., mengatakan bahwa sebelum diberangkatkan, para mahasiswa menjalani sesi pembekalan yang intensif. Selain dari dosen-dosen Prodi Agroteknologi Fapertasainskes Unimor, mereka juga mendapatkan inspirasi dari Direktur Yayasan Tani Madiri dan praktisi pertanian lainnya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap peserta siap secara mental dan teknis untuk menjalani misi mereka selama 45 hari mendatang. Dengan tema yang relevan dan penekanan pada inovasi serta teknologi presisi, KKP 2024 di Unimor tidak hanya menjadi kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan akademis mahasiswa, tetapi juga untuk memberdayakan sumber daya lokal dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Timor Tengah Utara. Semoga kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi para peserta, tetapi juga meninggalkan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

Agenda kegiatan pembekalan mencakup pembukaan, sambutan, pemaparan materi, dan penutupan. Materi yang disampaikan mencakup pengembangan pertanian berkelanjutan di Nusa Tenggara Timur (NTT), teknologi yang sesuai untuk lahan kering, serta dampak perubahan iklim. Narasumber yang kompeten di bidang tersebut diundang untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta.

KKP tahun ini akan melibatkan 70 mahasiswa yang telah lolos seleksi dari 100 pendaftar. Mereka akan diberangkatkan pada tanggal 1 Juli 2024 untuk melaksanakan kegiatan di berbagai instansi pemerintah, masyarakat, swasta, lembaga sosial, dan kelompok tani di 21 lokasi yang tersebar di beberapa kabupaten di Kabupaten Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten TTU, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Malaka. Mereka akan berinteraksi langsung dengan berbagai instansi pemerintah, masyarakat, swasta, lembaga sosial, serta kelompok-kelompok tani di daerah tersebut.

Pembekalan ini tidak hanya melibatkan dosen dari Program Studi Agroteknologi Fapertasainskes Unimor, tetapi juga melibatkan Ir. Josef Maan sebagai Direktur Yayasan Mitra Tani Mandiri dan seorang praktisi pertanian Lorensa Aja, S. P. Pembekalan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan baik sehingga mereka dapat menjalankan tugas KKP dengan tanggung jawab dan profesionalisme tinggi.

Acara pembekalan ini dibuka oleh Wakil Dekan 1, Agustinus Nobatonis, S.P., M.P., yang mewakili Ketua Program Studi Agroteknologi. Dalam arahannya, beliau menekankan pentingnya kerjasama, sikap profesional, dan tanggung jawab dalam menjalani KKP.humas_unimor


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347