Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan  dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Timor (Unimor) telah melakukan kegiatan benchmarking ke Departemen Matematika Universitas Negeri Malang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 22 Oktober 2024, dan diikuti oleh empat orang dosen yakni Cecilia Novianti Salsinha, S.Si.,M.Sc., Oktovianus Mamoh, S.Pd., M.Pd., Hendrika Bete, S.Pd. M.Pd., dan Dominifridus Bone, S.Fil., M.Psi.

Kedatangan tim dari Unimor disambut oleh Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si selaku Dekan dan Prof. Dr. Sentot Kusairi, S.Pd, M.Si selaku Wakil Dekan III FMIPA UNM serta Mochammad Hafiizh, S.Pd, M.Si, Ph.D selaku Sekretaris Departemen dan Koordinator Program Studi S1 Matematika.

Dalam sambutannya Dekan FMIPA UNM menyampaikan apresiasi karena memilih UNM sebagai tempat kegiatan. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Departemen Matematika UNM terbuka bagi tim dari Prodi Pendidikan Matematika Unimor. Pada saat yang sama dibahas pula rencana kerja sama dan kolaborasi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi antara UNM dan Unimor baik secara nasional maupun internasional. Dekan FMIPA UNM sendiri memberi penguatan bahwa kemungkinan itu bisa dilakukan, sebab Unimor merupakan perguruan tinggi negeri yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Timor Leste.

Selanjutnya tim diberi kesempatan untuk melakukan diskusi dan sharing bersama Lathiful Anwar, S.Si, M.Sc, Ph.D sebagai Ketua Departemen dan Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Matematika UNM. Dalam diskusi diangkat beberapa hal penting yaitu pembentukan bidang keahlian/keilmuan dalam Prodi, manajemen prodi dan standar laboratorium microteaching, bagaimana melakukan evaluasi yang efektif terhadap proses pembelajaran, dan bagaimana mengintegrasikan penelitian dan pengabdian dosen ke dalam pembelajaran di kelas. Selain berdiskusi dan sharing bersama, tim juga diajak untuk melihat beberapa fasilitas seperti ruang microteaching dan laboratorium alat peraga.

Ketika dikonfirmasi tentang benchmarking yang dilakukan, Cecilia Novianti Salsinha sebagai Koordinator Prodi Pendidikan Matematika Unimor menyatakan bahwa kegiatan ini perlu dilakukan guna meningkatkan mutu Prodi Pendidikan Matematika Unimor. Terlebih mengacu pada hasil catatan akreditasi sebelumnya, ditemukan bahwa masih banyak hal yang perlu dibenahi. Dengan benchmarking diharapkan Prodi Pendidikan Matematika Unimor dapat semakin berbenah dan terus meningkatkan kualitasnya.