Sebanyak 2.200 calon mahasiswa baru mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tahun 2022 di Universitas Timor selama 11 hari sejak, Selasa, 17 Mei sampai dengan Kamis, 2 Juni 2022. Lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN pada Gedung Pusat Komputer sebanyak 4 ruang laboratorium komputer dengan kapasitas 35 unit komputer untuk 35 orang peserta dan 5 unit komputer cadangan.

Ketua Panitia Pelaksana Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN tahun 2022, Dr. Werenfridus Taena, SP, MSi menjelaskan, pelaksanaan UTBK terbagi atas dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan 23 Mei 2022 diikuti oleh 1296 peserta dan Gelombang II dilaksanakan pada tanggal 28 Mei sampai dengan 02 Juni 2022 dam diikuti 904 pesert. Total jumlah peserta yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN di UNIMOR sebanyak 2.200 peserta.

Pelaksanaan ujian dibagi ke dalam dua sesi ujian setiap hari yakni sesi pagi pukul 06.45 – 10.30 WITA dan siang 13.00 – 16.45 WITA untuk Tipe Ujian Sainstek dan Soshum dan satu sesi untuk Tipe Ujian Campuran yang dimulai pukul 06.45 – 13.25 WITA, kecuali untuk hari Sabtu hanya diselenggarakan satu sesi untuk Tipe Ujian Campuran. Peserta ujian dihimbau untuk membawa kelengkapan administrasi ujian untuk diverivikasi oleh panitia sebelum memasuki ruang ujian.

Berdasarkan Surat Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten TTU tentang Rekomendasi Izin Pelaksanaan UTBK Tahun 2022, pelaksanaan UTBK tetap mematuhi protokol kesehatan antara lain mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi kerumunan, melakukan pengukuran suhu tubuh memakai masker, menggunakan handsanitizer.

Ketua Panitia Pelaksana UTBK SBMPTN tahun 2022, Dr. Werenfridus Taena, SP, MSi juga menambahkan, di tahun 2022 terdapat peningkatan jumlah peserta yang mendaftar masuk maupun yang memilih lokasi UTBK di UNIMOR, sehingga panitia menambah jumlah ruang lab komputer menjadi 4 ruang lab komputer. Tersedia pula ruang ujian bagi para peserta penyandang disabilitas, dan di tahun ini terdapat satu peserta disabilitas.

Drs. Marten Pathiung, MSi, sebagai Koordinator Pelaksanan menambahkan  mengenai kesiapan pihak panitia untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan selama penyelenggaraan UTBK. Dosen pada FISIPOL Unimor  tersebut menjelaskan, UNIMOR sudah siap mengantisipasi bentuk-bentuk kecurangan secara ketat yang mungkin dapat terjadi selama ujian berlangsung di UNIMOR. Lebih lanjut menurut Korpel, panitia sudah memberikan pengarahan kepada panitia pelaksana, para pengawas, para penanggung jawab ruang, para teknisi, agar pelaksanaan ujian dapat dilakukan secara ketat sejak sebelum dan selama ujian berlangsung.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun 2022 di UNIMOR berakhir pada tanggal 02 Juni 2022. Dr. Ir. Stefanus Sio, MP, Rektor UNIMOR dalam arahannya mengapresiasi kerja panitia pelaksana yang sangat baik dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 di UNIMOR sehingga terlaksana dengan baik dan sukses. Rektor juga menyampaikan terimakasih kepada semua komponen panitia pelaksana yang telah mengambil peran dalam penyelenggaran UTBK SBMPTN tahun 2022 di UNIMOR. [Humas Unimor]


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347