Unimor – Hari ini Sabtu, 13 Mei 2023, hari terakhir pelaksanaan UTBK 2023 di UNIMOR, yang berlangsung sejak tanggal 8 Mei 2023. Secara nasional UTBK dilaksanakan dalam dua gelombang ujian sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh BPPP. Namun Pelaksanaan UTBK 2023 di UNIMOR hanya dalam satu gelombang ujian oleh karena jumlah peserta atau calon mahasiswa lebih sedikit dari tahun sebelumnya. 

UTBK merupakan proses penyaringan calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 lebih fokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah yang meliputi tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.

Sebanyak 1.579 (94,75%) peserta dari total 1.664 peserta terdaftar telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di UNIMOR. Sedangkan 85 (5,25%) peserta tidak hadir atau tidak mengikuti UTBK 2023 dengan berbagai alasan termasuk keterlambatan peserta masuk ke ruang ujian. Peserta atau calon mahasiswa yang mengikuti UTBK 2023 di UNIMOR berasal dari berbagai daerah di NTT dan Sebagian kecil dari luar NTT, terbanyak dari Kabupaten TTU, Belu dan Malaka.

Pemantauan pelaksanaan UTBK oleh Penjaminan Mutu Universitas Timor.

Selama peklaksanaan UTBK 2023 di UNIMOR, peserta ujian sangat antusias untuk mengikuti UTBK di mana mereka sudah berada di lokasi untuk dilakukan pengecekan administrasi sebelum ujian dimulai. Sejumlah peserta UTBK ketika ditanya bagaimana perasaannya saat sebelum ujian, sebagian besar merasa takut, gugup, gelisah dan cemas akan sulitnya soal ujian walapun sudah mempersiapkan diri dengan belajar mandiri menggunakan media sosial dan maupun melalui bimbel. Namun peserta ujian merasa lega saat setelah ujian selesai meskipun ada materi ujian yang dirasakan sulit.

Sampai hari terakhir pelaksanaan UTBK 2023, tercatan Sebanyak 1.579 (94,75%) peserta dari total 1.664 peserta terdaftar mengikuti ujian sedangkan 85 (5,25%) peserta tidak hadir atau tidak mengikuti ujian.
Sampai hari terakhir pelaksanaan UTBK 2023, tercatan Sebanyak 1.579 (94,75%) peserta dari total 1.664 peserta terdaftar mengikuti ujian sedangkan 85 (5,25%) peserta tidak hadir atau tidak mengikuti ujian.

Made Budiayu Setia Maharani (Ayu Maharani) salah satu peserta UTBK ketika di tanya tentang tingkat kesulitan materi tes, “soal yang paling sulit adalah literasi bahasa ingris karena teks bacaan yang Panjang dan penalaran matematika, rasa-rasanya waktu yang tersedia tidak cukup, tetapi saya kerjakan semua soal meskipun sulit”. Hal yang sama juga diakui oleh Clara Chyntia Magung (Clara Magung) bahwa “soal ujian yang paling sulit adalah literasi Bahasa inggris karena teksnya pajang, tetapi saya bisa kerjakan walaupun rasanya waktu tidak cukup”. Harapan Ayu dan Clara serta peserta UTBK lainnya agar lulus dan sehingga bisa diterima untuk melanjut Pendidikan di perguruan tinggi yang diinginkan.

Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 di Universitas Timor berhasil baik mulai dari persiapan sampai pelaksanaan ujian. Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Yoseph N. Seran, SPd., MSi., selaku ketua panitia di sela pemantauan pelaksanaan UTBK hari terakhir menyampaikan bahwa “pelaksanaan UTBK tahun 2023 berjalan baik, lancar dan tidak ada kendala teknis karena didukung oleh timwork yang baik, terutama tim teknis IT yang merupakan dapur UTBK 2023 di UNIMOR”. Hal yang sama juga disampaikan oleh Koordinator Pelaksana (Korpel) UTBK 2023 Drs. Marthen Patiung, MAP bahwa “pelaksanaan UTBK tahun 2023 berjalan baik dan lancar serta tidak ada kendala teknis selama ujian berlangsung”. Pengumuman kelulusan UTBK-SNBT akan dilaksanakan pada 20 Juni 2023 dan Sertifikat UTBK dapat diunduh oleh peserta UTBK mulai tanggal: 26 Juni sampai dengan 31 Juli 2023.Humas-unimor


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347