Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kembali mengunjungi Unimor guna melakukan Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Sains, dan Kesehatan (Faperta-SainKes) Unimor. Atas pertimbangan tertentu, kegiatan asesmen lapangan yang dilaksanakan secara luring ini dipadatkan pelaksanaannya sehari pada Jumat, 29/9/2023 bertempat di Gedung Kuliah Faperta-SainKes.

Tim Asesor BAN-PT yang bertugas pada asesmen ini adalah Dr. Ir. Sedyo Hartono, M.P. (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta), I Putu Sudiarta, S.P., M.Si., Ph.D. (Universitas Udayana Bali), dan Besar Infusiadi (Staf BAN-PT).

Seluruh rangkaian kegiatan asesmen lapangan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Unimor yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Unimor – Dr. Yoseph Nahak Seran, S.P., M.Si. Pada awal sambutannya, beliau menyampaikan permohonan maaf dari Rektor Unimor yang tidak bisa membuka kegiatan asesmen lapangan ini, karena pada saat yang sama memiliki agenda penting yang tidak bisa diwakilkan. Lebih lanjut beliau memaparkan beberapa hal pokok terkait kondisi Unimor saat ini, antara lain: sejarah singkat Unimor, akreditasi untuk 10 prodi, keadaan mahasiswa (termasuk mahasiswa asing), kualifikasi dosen dan  jabatan fungsional dosen, dan beberapa hal pokok lainnya. Beliau juga mengungkapkan pentingnya asesmen lapangan bagi kelanjutan sebuah program studi, terutama persiapan untuk akreditasi institusi pada tahun 2025. “Program Studi Agroteknologi merupakan salah satu program studi unggulan di Unimor yang menerapkan Pola Ilmiah Pokok berbasis pertanian lahan kering secara nyata, terutama keterlibatan secara nyata dalam berbagai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”, ungkap Dosen Prodi Pendidikan Biologi ini.

Sementara itu, perwakilan tim asesor, Dr. Ir. Sedyo Hartono, M.P. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penerimaan yang diberikan Unimor, terutama karena semua unsur pimpinan Universitas hadir pada asesmen lapangan ini yang tentu merupakan dukungan sekaligus pemahaman akan pentingnya kegiatan akreditasi ini. “Kami datang ke sini bukan untuk mencari-cari kesalahan yang ada di sini. Tetapi kami datang untuk melakukan konfirmasi terhadap isian (jawaban) yang sudah Bapak-Ibu sampaikan dalam borang dan sudah kami pelajari. Maka, kami meminta kerja sama yang baik dari semua pihak terkait, sehingga proses ini bisa berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu”, ungkapnya.

Lebih lanjut anggota tim asesor lainnya, I Putu Sudiarta, S.P., M.Si., Ph.D. menambahkan terkait prosedur kerja yang akan dilaksanakan pada proses asesmen lapangan ini. “Sekali lagi kami tekankan kami tidak datang untuk mencari kesalahan. Kami akan bersama tim yang telah menyiapkan dokumen akan melakukan konfirmasi, sekaligus evaluasi terhadap hal-hal yang masih kurang atau perlu dibenahi ke depannya”, pungkasnya.

Hadir pula pada kegiatan pembukaan ini antara lain : Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan – Dr. Emanuel Be, S.E., M.Si., Wakil Rekttor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Marsianus Falo, S.P., M.Si., Kepala Biro Akademik, Perencanaan, Keuangan dan Umum Dra. Emmerentiana Immaculata Ukat, Dekan Faperta-SainKes – Eduardus Yosef Neonbeni, S.P., M.P., Ketua LPPM – Dr. Aloisius Loka Son, S.Pd., M.Pd., Ketua Sekretaris LPPM – Yakobus Pffeferius E. Saba Agu, S.Pd., M.Sc., Sekretaris LPMPP – Fidelis Atanus, S.Fil., M.Si., Wakil Dekan I Faperta-SainKes – Agustinus Nubatonis, S.P., Wakil Dekan II Faperta-SainKes – Dr. Veronika Yuneriati  Beyleto, S.Pt., M.Sc., Ketua Prodi Agroteknologi – Syprianus Ceunfin, S.P., M.Sc., Ketua Sentra Layana dan Publikasi-Yohanis Ndapa Deda, S.Pd., M.Si., anggota Tim Akreditasi Prodi Agroteknologi, beberapa dosen lingkup Faperta-SainKes, alumni, mahasiswa, dan stakeholder terkait.

Usai acara pembukaan, kegiatan inti asesmen lapangan pun dimulai. Tim asesor bersama dengan tim akreditasi mulai melakukan konfirmasi pada UPPS dan Tim Penjaminan Mutu, dan juga Program Studi Seusai makan siang dilanjutkan dengan konfirmasi terhadap alumni, stakeholder, dan mahasiswa sekaligus terjait dengan sarpras di Unimor. Setelah itu tim asesor menyiapkan hasil akreditasi dan berita acara. Semua proses berjalan dengan aman dan lancar.

Tepat pukul 17.00 Wita kegiatan asesmen lapangan ditutup. Kegiatan penutupan diawali dengan penyampaian rekomendasi yang dilanjutkan dengan penyerahan berita acara oleh asesor kepada Dekan Faperta-SainKes dan Ketua Prodi Agroteknologi.  Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus menutup kegiatan asesmen lapangan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama. Seluruh rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama Tim Asesor, Pimpinan Unimor, dan Tim Akreditasi Prodi Agroteknologi. Humas_unimor


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347