Kefamenanu, 24 November 2023 – Aula Fakultas Pertanian, Sains, dan Kesehatan Universitas Timor Kefamenanu menjadi saksi suksesnya Lomba Pidato yang diselenggarakan oleh Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan Universitas Timor. Dengan tema “Potensi Tersembunyi: Menjelajahi Masa Depan Timor Tengah Utara,” acara ini diikuti oleh mahasiswa se-Kabupaten Timor Tengah Utara pada tanggal 22-24 November 2023. Sebanyak 39 peserta, masing-masing membawa semangat dan gagasan tentang potensi tersembunyi di kabupaten tersebut, berpartisipasi dalam dua sesi lomba yang berlangsung selama 3 hari. Sesi pertama pada tanggal 22 November diikuti oleh 24 peserta, sedangkan sesi kedua pada tanggal 23 November diikuti oleh 15 peserta dan pada tanggal 24 November pengumuman perlombaan oleh dewan juri.
Wakil Rektor III Bidang Alumni dan Mahasiswa Universitas Timor, Dr. Marsianus Falo, S.P., M.Si., membuka acara dengan resmi. Beliau menekankan pentingnya kegiatan semacam ini dalam membantu peningkatan nilai akreditasi jurusan dan meningkatkan kepercayaan diri serta karakter mahasiswa. “Kegiatan seperti ini harus sering dilakukan karena bisa membantu peningkatan nilai akreditasi jurusan. Melalui kegiatan ini, mahasiswa mampu percaya diri berbicara di depan umum dan meningkatkan karakter mahasiswa,” ujarnya.
Peserta lomba tampil maksimal dengan membawakan materi tentang potensi-potensi yang tersembunyi di Kabupaten Timor Tengah Utara. Keberagaman gagasan dan pandangan memberikan warna dan kedalaman pada setiap pidato yang disampaikan. Dewan juri yang terlibat dalam penilaian pidato adalah Redemptus Thaal, SE dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif TTU, Wilibrordus Cornelis Usboko, S.Fil., M.Pd dari STIPAS St.Petrus Kefamenanu; dan Yohanes Taus, S.Ag., S.Sos dari Universitas Terbuka.

Mereka memberikan pandangan objektif dan beragam terhadap pemikiran mahasiswa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan prestasi gemilang mahasiswa dalam mengeksplorasi dan mengungkapkan potensi tersembunyi di Timor Tengah Utara. Juara pertama diraih oleh mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi, Theresia Maria Consitha Hurint dari Universitas Timor. Juara kedua diberikan kepada Maria Yonarta Alberta Kobo dari Program Studi Pendidikan Agama Katolik Sekolah Tinggi Pastoral Santo Petrus Keuskupan Atambua. Juara ketiga oleh Angel Adolfin Afeanpah dari Program Studi Keperawatan Universitas Timor, sementara juara harapan pertama diraih oleh Novrilinda Skolastika Sanak dari Program Studi Manajemen Universitas Timor.

Foto bersama Rektor, Tim Juri, Juara 1, 2 dan 3; serta Panitia Lomba Pidato UPA. Perpustakaan UNIMOR (Foto; Engel Taus)


Rektor Universitas Timor menutup acara dengan pesan inspiratif dan harapannya agar kegiatan semacam ini terus dilakukan. Beliau berharap Universitas Timor dapat terus mencetak mahasiswa berprestasi yang dapat mewakili Universitas dalam lomba-lomba tingkat nasional yang diadakan oleh Kementerian.
Ketua Panitia Lomba Pidato, Maria Dafrosa Pilis, A.Md., S.I.Pust, menyatakan bahwa kegiatan ini telah dilakukan sebanyak tiga kali, dengan dua di antaranya dilakukan secara virtual. Maria berharap agar Lomba Pidato ini dapat terus menjadi sarana untuk menggali dan mengeksplorasi potensi tersembunyi di Timor Tengah Utara, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk tampil dan berbicara di depan umum.


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347