Sabtu, 4 Mei 2024; Universitas Timor bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), yang merupakan salah satu jalur SNPMB tahun 2024. Pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024, UNIMOR menyediakan kuota sebanyak 2.700 orang yang tersebar dalam tiga jalur seleksi antara lain untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sebanyak 810 orang, jalur UTBK-SNBT sebanyak 1.080 orang dan jalur seleksi mandiri sebanyak 810 orang.

Pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 mulai dilaksanakan sejak hari Selasa, (30-04-2024) sampai dengan Sabtu (04-05-2024) di Kampus Universitas Timor Kefamenanu. Total peserta UTBK tahun 2024 sebanyak 1008 peserta, dengan alokasi per sesi ujian sebanyak 160 orang pserta yang terbagi dalam 4 ruangan di laboratorium computer Universitas Timor. Penyelenggaraan UTBK di UNIMOR dilaksanakan dalam dua sesi ujian setiap hari yang diawasi oleh 1 orang Penanggungjawab Ruang (PJR) dan 1 orang Pengawas Ujian.

Rektor Unimor Dr. Ir. Stefanus Sio., M.P memantau langsung pelaksanaan UTBK di Laboratorium Komputer UNIMOR didampingi oleh beberapa unsur pimpinan antara lain: Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Marsianus Falo, S.P., M.Si. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Emanuel Be, S.E., M.Si. Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum, Blasius Atini, S.Pd., M.Sc. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Margareta Diana Pangastuti, S.E., M.Si. Ketua LPPPM serta didampingi oleh Drs. Marthen Patiung, M.Si. selaku Koordinator Pelaksana UTBK tahun 2024. Rektor Unimor, Dr. Ir. Stefanus Sio., M.P, ketika memantau pelaksanaan UTBK menjelaskan bahwa Unimor sebagai salah satu PTN di Indonesia dipercaya untuk menyelenggarakan UTBK dan sudah lima kali menyelenggarakan UTBK sejak menjadi PTN. UTBK merupakan salah satu jalur seleksi nasional yang dilaksanakan oleh semua PTN di Indonesia untuk mendapatkan calon mahasiswa baru di tahun 2024 secara transparan, adil, fleksibel, dan akuntabel

Menurut Rektor UNIMOR, pelaksanaan UTBK di UNIMOR hanya dilaksanakan dalam satu gelombang ujian yang akan berlangsung selama 4 hari dan setiap hari dibagi dalam dua sesi ujian.  Rektor dan unsur pimpinan Unimor berharap agar semua peserta bisa mengikuti UTBK ini dengan baik sehingga hak mereka untuk mengenyam atau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri bisa terwujud. Peserta yang mengikuti UTBK tahun ini tersebar di 16 program studi pada 4 fakultas yang ada di Unimor. Kita berharap banyak anak-anak di kawasan perbatasan bisa mengikuti UTBK dan lulus sehingga bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri termasuk di Unimor. Sebagai salah Perguruan Tinggi Negeri, UNIMOR mempunyai visi-misi mencerdaskan anak-anak bangsa di kawasan perbatasan Indonesia-Timor Leste, kata Rektor UNIMOR.

Suasana Pelaksanaan UTBK di Laboratorium Komputer Universitas Timor.

Sementara itu, Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si  (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama) selaku Ketua Panitia UTBK-SNBT 2024 menjelaskan terkait teknis pelaksanaan UTBK. “Sebagai Penyelenggara, kami mengikuti petunjuk teknis atau juknis UTBK yang dikeluarkan oleh panitia pusat. Sedangkan secara internal, kami telah mempersiapkan semua proses kegiatan penerimaan mahasiswa baru lewat jalur UTBK-SNBT. Sedangkan Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi telah selesai dilakukan pada Maret lalu dan Unimor menyediakan kuota jalur prestasi sebanyak 810 orang dan yang lulus jalur seleksi berbasis prestasi sebanyak 450 orang. Prestasi calon mahasiswa yang dilihat adalah akademik dan non akademik siswa kelas XII ,” jelas Dr. Yoseph.  

Lebih lanjut dikatakan Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si  bahwa sesuai petunjuk teknis oleh panitia pusat, penyelenggara perlu melakukan persiapan di internal Unimor antara lain menyiapkan lokasi UTBK sesuai standar termasuk perangkat pendukung seperti personal computer (pc), jaringan internet dan listrik. Unimor juga melibatkan tenaga kesehatan (dokter dan perawat) terdekat supaya mendukung pelaksanaan UTBK sesuai petunjuk teknis harus ada tim kesehatan. Pelaksanaan UTBK secara teknis, di Unimor didukung oleh UPA TIK UNIMOR yang memiliki kapasitas 4 ruang laboratorium komputer yang sudah sesuai standar UTBK dan 1 unit server pendukung untuk menyuplai Internet, dan kontroling pelaksanaan UTBK melalui perangkat cctv” pungkas Dr. Yoseph.

Pelaksanaan UTBK di UNIMOR telah selesai dilaksanakan sesuai jadwal dan petunjuk teknis yang ditetapkan oleh panitia pusat pada Sabtu, 04 Mei 2024 dengan sukses. Kegiatan UTBK berakhir hari ini dari total peserta terdaftar sebanyak 1008 orang yang mengikuti UTBK sebnyak 938 orang peserta atau tingkat kehadiran 93.06% dan yang tidak mengikuti UTBK sebanyak 70 orang peserta atau tingkat ketidakhadiran 6.94%. Ada berbagai faktor penyebab ketidakhadiran peserta dalam mengikuti ujian antara lain karena ganguan kesehatan dan kondisi cuaca dan kesalahan peserta dalam memperhatikan jadwal pelaksanaan ujian.

Ketua Pelaksana Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si  dan Koordinator Pelaksana (Korpel) UTBK tahun 2024 Drs. Marthen Patiung, M.Si. ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa pelaksanaan UTBK secara keseluruhan sejak hari pertama sampai dengan hari terakhir berjalan lancar dan sukses. Suksesnya pelaksanaan UTBK di UNIMOR tidak terlepas dari dukungan, kerja keras dan kerjasama oleh semua pihak antara lain Panitia Penyelenggaran, Pimpinan dan civitas akademika Unimor. #(humas unimor)


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347