Prodi Pendidikan Matematika Universitas Timor menggelar kuliah umum yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan civitas akademiknya. Acara tersebut dihadiri oleh pembicara secara daring, Hyronimus Lado, atau yang akrab dipanggil Kak Hiro, yang memberikan pencerahan tentang Artificial Intelligence (AI) khususnya dalam dunia pendidikan. Tidak hanya itu, ada juga pembicara secara luring, Kristo Ukat, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten TTU, yang memberikan wawasan tentang apa itu AI, kelebihannya serta dampak yang ditimbulkan jika tidak disikapi dengan baik.

Pada kesempatan ini, Kak Hiro memberikan wawasan yang berharga tentang AI, sebuah topik yang semakin relevan di era digital ini. Sebagai salah satu pembicara terkemuka, Kak Hiro telah menerbitkan 8 buku dan diakui sebagai Duta Teknologi NTT tahun 2021. Prestasinya yang luar biasa tidak hanya terbatas pada tingkat daerah, tetapi juga nasional. “Saya merasa sangat terhormat bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman saya di sini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi kita semua, terutama dalam menghadapi tantangan dan peluang dunia Pendidikan di era digital ini,” ujar Kak Hiro dengan penuh semangat.

Sementara itu, Kristo Ukat, sebagai Kadis Kominfo dan Statistik Kabupaten TTU, menyampaikan pemikiran dan pengalaman praktisnya Ketika berhadapan dengan AI dan dunia digital masa kini.
“Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bukan hanya tentang mengikuti tren, tetapi juga tentang memberikan solusi nyata bagi masyarakat. Dengan kolaborasi antara akademisi dan praktisi seperti ini, kita dapat menciptakan inovasi yang lebih baik untuk kemajuan daerah kita,” ungkap Kristo Ukat.

Acara kuliah umum ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Timor, Bapak Stefanus Sio, yang turut dihadiri oleh Wakil Dekan FKIP, Bapak Oktovianus Mamoh. Kaprodi Pendidikan Matematika, Ibu Cecilia Novianti Salsinha, dan panitia menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran kedua pembicara yang sangat berkompeten ini. “Terimakasih berlimpah disampaikan kepada Bapak Hiro Lado dan Bapak Kristo Ukat yang dengan segala kesibukannya, masih menyempatkan untuk hadir bersama kami di Prodi Pendidikan Matematika. setelah tahun lalu Prodi Pendidikan Matematika mengadakan kuliah umum dengan mengambil tema seputaran Edupreneur yang memberikan banyak wawasan kepada Mahasiswa mengenai Komunitas dan bagaimana membentuk serta merawatnya. Tahun ini Prodi Pendidikan kembali mengadakan Kuliah Umum dengan tema Artificial Intelligence dan Literasi Digital. Prodi merasa perlu untuk membekali Mahasiswa dengan segala wawasan lain selain Matematika sehingga menjadi bekal bagi mahasiswa. Salah satunya dengan menambah wawasan mereka mengenai Artificial Intelligence dan literasi digital. Mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu menggunakan teknologi digital tetapi juga memiliki pemahaman tentang etika digital dan keamanan online. Kami berharap kolaborasi antara akademisi dan praktisi seperti ini dapat terus berlanjut, dan memberikan dampak positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang pendidikan matematika,” tutur Ibu Novi dengan antusiasme.

Kuliah umum ini merupakan kegiatan tahunan Prodi Pendidikan Matematika Universitas Timor, yang menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan wawasan yang mendalam tentang perkembangan terkini dalam bidang pendidikan dan teknologi. Dengan dukungan dari semua pihak, diharapkan acara semacam ini dapat terus diadakan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh komunitas akademik dan masyarakat umum.HUMAS_UNIMOR


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347