Universitas Timor kembali melangsungkan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universidade Oriental Timor-Lorosa’e (UNITAL) Timor-Leste pada Jumat, 8/9/2023 bertempat di Ruang Kerja Rektor Unimor. Penandatanganan ini dilaksanakan oleh Rektor UNITAL Timor Leste – Drs. Florindo Pereira, M.Si., Ph.D. sebagai Pihak PertamadanRektor Unimor – Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P. sebagai Pihak Kedua.

Kedua instansi merupakan lembaga perguruan tinggi yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Karena itu, kerja sama tingkat internasional adalah bagian dari upaya peningkatan mutu ketiga tugas pokok itu. Rektor Universitas Timor dalam sambutannya mengungkapkan bahwa penandatangan MoU yang dilaksanakan pada hari ini merupakan bagian dari upaya untuk menjawab tuntutan regulasi dan kurikulum. “Setiap Perguruan Tinggi dituntut untuk melaksanakan kerja sama dengan lembaga, baik dalam negeri maupun luar negeri. Ini adalah bagian dari upaya menjawab tuntutan regulasi. Dan diharapkan kita bisa mengimplementasikan kerja sama ini lewat kolaborasi riset, dan juga pertukaran dosen dan mahasiswa. Dosen dari Unimor bisa pergi mengajar di UNITAL dan sebaliknya dari UNITAL bisa mengajar di Unimor”, ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNITAL Timor Leste dalam sambutannya mengungkapkan bahwa penandatanganan MoU ini adalah bagian upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing wilayah. “MoU ini akan sangat mendukung peningkatan kualitas sumber daya kedua negara, secara khusus masyarakat Timor, baik Timor Barat maupun Timor Timur. Kedua perguruan tinggi bisa saling mengisi. Apa yang kurang dari UNITAL bisa diisi oleh Unimor, dan apa yang kurang di Unimor bisa diisi oleh UNITAL. Apalagi kedua perguruan tinggi memiliki kedekatan wilayah atau jarak yang tentu akan sangat memudahkan”, tandasnya. Lebih lanjut beliau mengungkapkan ide untuk mengadakan KKN Perbatasan di mana Unimor dan UNITAl dan kampus-kampus di wilayah perbatasan menjadi tuan rumah untuk model KKN dimaksud.

Penandatanganan MoU ini berlangsung dalam suasana yang hangat, ramah, dan penuh keakraban karena tim UNITAL masih lancar berbahasa Indonesia. Dalam penandatanganan ini, kedua lembaga saling memberikan cendera mata berupa selendang tenun Timor dan plakat. Turut hadir mendampingi Rektor Unimor dalam kegiatan ini : Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama – Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni – Dr. Marsianus Falo, S.P., M.Si., Kepala Biro Akademik, Perencanaan, Keuangan dan Umum – Dra. Emmerentiana Immaculata Ukat, Dekan FKIP – Blasius Atini, S.Pd., M.Sc., Dekan FEB – Aquidowaris Manek, S.E., M.SA., Ketua SPI – Imelda Thein, S.E., M.M., Koordinator Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas – Petrus D. O. Oetpah, S.Fil., dan Staf Humas. Sementara Rektor UNITAL Timor Leste didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Penelitian, dan Pascasarjana – Dr. Ir. Anastasia Sri Endang P. Vong, M.Si. dan Kepala Departemen Perikanan – Mateus Salvador, M.Sc.

Usai penandatanganan MoU dilanjutkan dengan foto bersama semua pimpinan dan kunjungan ke unit-unit kerja di lingkungan Unimor. Kunjungan dimulai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, LPPM, Lab Kimia, dan Fakultas Pertanian, Sains, dan Kesehatan. Acara kemudian diakhiri dengan jamuan makan siang bersama di Rumah Makan Kota Sari Kefamenanu. Besar harapan, kiranya perluasan kerja sama internasional ini membawa manfaat baik bagi kedua perguruan tinggi.humas_unimor


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347