Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas penulisan artikel ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Timor (Unimor) menggelar kegiatan Coaching Clinic Penulisan Artikel Ilmiah bagi para dosen di Aula Hotel Livero Kefamenanu mulai tanggal 26 sampai dengan tanggal 27 Oktober 2023.

Coaching clinic ini menghadirkan Prof. Dr. Philiphi de Rozari, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang serta Dr. Asri Wijayanti, SH., M.H. dari Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo sebagai narasumber. Peserta coaching clinic berasal dari dosen-dosen di internal Unimor serta dosen – dosen dari kampus mitra yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (Stikum) Cendana Wangi Kefamenanu, Akademi Kebidanan (Akbid) Sta. Elisabeth Kefamenanu dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya Kasih Kefamenanu.

Ketua LPPM Unimor Dr. Aloisius Loka Son, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Prof. Dr. Philiphi de Rozari, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D dan Dr. Asri Wijayanti, SH., M.H. yang sudah bersedia menjadi narasumber atas rekomendasi dari pihak Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemdikbud-Ristek.

Selanjutnya Dr. Alo mengemukakan alasan-alasan diadakannya coaching clinic ini . “Mengapa harus ada coaching clinic ini bagi para dosen. Alasan yang paling mendasar, khusus untuk Unimor, di tahun 2023 ada 140 judul penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dimenangkan oleh dosen Unimor. Dari 140 judul tersebut, kurang lebih 95 persen janji dalam proposal itu adalah artikel ilmiah. Harus ada publikasi ilmiah baik di jurnal nasional maupun internasional,” ungkapnya.

“Luaran dari penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan barangkali ada yang sudah menuliskan artikelnya, ada yang masih dalam bentuk draft, sehingga ini adalah kesempatan baik bagi kita agar bisa banyak berkonsultasi, mendapatkan sharing atau mendapatkan catatan tambahan dari narasumber,”sambungnya.

Alasan berikutnya terkait dengan publikasi artikel ilmiah sangat penting saat mengurus Beban Kerja Dosen (BKD). Karena didalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ada menu yang membutuhkan publikasi karya ilmiah.

Ia menambahkan bahwa artikel ilmiah juga sangat berperan penting untuk urusan jabatan fungsional, dan urusan akreditasi, baik akreditasi program studi maupun akreditasi institusi. Dan publikasi artikel ilmiah di jurnal nasional maupun internasional  merupakan salah satu dari 7 indikator penilaian klasterisasi perguruan tinggi.

“Semoga dengan kehadiran narasumber dengan waktu yang sangat singkat ini dapat membagikan banyak hal terkait dengan trik-tik penulisan artikel ilmiah  bagi dosen-dosen disini,” harap Dr. Alo.

Prof. Philip sebagai perwakilan narasumber saat memberikan sambutan memberikan apresiasi kepada Unimor yang melalui LPPM menginisiasi kegiatan ini.

“Unimor pada hari ini, walaupun lokasinya berada di pedalaman Timor, tapi sudah mulai menampilkan kiprahnya baik di tingkat regional maupun nasional. Unimor sudah mulai memperhatikan bahwa penting sekali untuk bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya bagi para dosen untuk berkiprah lebih,”kata Dekan Fakultas Sains dan Teknik (FST) Undana Kupang ini.

“Terkait dengan permohonan dari LPPM Unimor, maka pihak DRTPM menunjuk kami untuk mengassist bapak ibu sekalian. Kehadiran kami disini sebagai tim dari DRTPM adalah untuk membantu kolega-kolega agar dapat melaksanakan publikasi, baik di jurnal nasional maupun internasional. Kalau kita ingin mengenal dunia, maka kita membaca. Kalau kita ingin dikenal dunia, maka kita menulis. Menulislah sesuai bidang ilmu kita,” urainya.

Ia memaparkan banyaknya keuntungan yang didapat dari menulis apabila sudah mulai banyak disitasi orang. Diantaranya adalah bisa menjadi narasumber, menjadi fasilitator sampai ditingkat nasional dan kiprah-kiprah lainnya.

“Mari kita simak bersama, sharing bersama dan semoga apa yang kita sharingkan dapat bermanfaat bagi bapak ibu sekalian dan kelak bisa diberikan kepada peserta didik sebagai penerus generasi berikutnya yang tidak hanya menjadi follower tetapi leader,” ujarnya nya mengakhiri sambutan.

Sementara itu Pelaksana Harian (Plh) Rektor Unimor, Dr. Marsianus Fallo, S.P., M.Si., saat membuka kegiatan coaching clinic ini mengajak seluruh peserta mengikuti dengan baik kegiatan ini dalam rangka memajukan pemahaman dan keterampilan terkait dengan penulisan artikel ilmiah sehingga bisa memenuhi kriteria dari jurnal-jurnal terakreditasi yang bereputasi.

“Kegiatan sebagai seorang dosen dalam hal tri dharma perguruan tinggi adalah suatu kewajiban untuk dilaksanakan. Kami di Unimor hingga saat ini masih dominan fokus pada kegiatan  pengajaran, sementara penelitian dan pengabdian belum begitu maksimal dikembangkan karena ada satu hal yang mengganjal diantara kami yaitu terkait penulisan artikel ilmiah,” sambungnya.

“Sementara itu, kita dituntut oleh aturan bahwa setiap dosen harus melakukan penelitian dan pengabdian dan harus mempublikasikan pada jurnal yang bereputasi dan terakreditasi. Dalam mencapai publikasi yang terakreditasi baik membutuhkan pemahaman dan keterampilan tertentu serta fokus dengan bidang kita sehingga tulisan kita sesuai dengan yang diharapkan oleh jurnal-jurnal yang kita tuju. Sehubungan dengan hal ini, mari kita manfaatkan sharing ilmu dari narasumber dalam momen satu dua hari ini untuk berkonsultasi secara serius sehingga apa yang kita tuju bisa kita capai dan terwujud serta bermanfaat bagi lembaga, diri sendiri dan untuk masyarakat,”pungkas Dr. Marsi mengakhiri sambutan.


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347