Sebanyak 20 mahasiswa Universitas Timor yang lolos program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan mengikuti acara pelepasan mahasiswa peserta Pertukaran mahasiswa Merdeka Angkatan III Tahun 2023. Acara pelepasan mahasiswa peserta PMM III tersebut dilaksanakan di Aula Rektorat Unimor pada Senin (31/07/2023).

Dr. Maria Magdalena Namok Nahak, S.Pd., M.Pd.,selaku Koordinator PMM Unimor dalam laporannya menyebut bahwa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Dr. Maria juga menyampaikan tujuan dan manfaat akademik dan non-akademik untuk seluruh pihak yang berpartisipasi yakni meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan wawasan kebangsaan, meningkatkan pemahaman mahasiswa pada keberagaman suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) dan semangat persatuan, mengembangkan perjumpaan dan dialog  intensif dalam keberagaman dan sikap saling memahami sehingga tercipta penguatan persatuan serta memperluas dan atau memperdalam pengetahuan akademis mahasiswa.

Selanjutnya, Dr. Yoseph Nahak Seran, S.Pd., M.Si., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama yang turut melepas mahasiswa peserta PMM III secara simbolik, menyampaikan apresiasi terhadap keberhasilan program pertukaran pelajar tahun ketiga ini.

Unimor sebagai salah satu PTN turut mendukung dan menyelenggarakan Program Kurikulum MBKM yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek melalui 8 Kegiatan MBKM salah satunya adalah Program Pertukaran Mahasiswa. Oleh karena itu, Kurikulum MBKM di Unimor juga diarahkan untuk memberikan kebebasan kepada mahasiswa, dalam arti bebas untuk belajar di PT dimana saja, bebas untuk memilih mata kuliah sesuai dengan kompetensi dan minat mahasiswa sendiri termasuk program PMM tahun ini.

“Program PMM ini juga memberikan kemudahan fasilitas dan bantuan biaya untuk para mahasiswa seperti biaya tiket pesawat PP, biaya hidup bulanan, biaya akomodasi dan bantuan biaya UKT mahasiswa. Karena itu pada kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih kepada Kemdikbudristek, pimpinan yang telah memberikan kesempatan sekaligus bantuan biaya untuk para mahasiswa yang lolos kegiatan,” ucapnya.

“Oleh karena itu, tanggung jawab dan keterlibatan semua pihak sangat diharapkan demi suksesnya kegiatan PMM ini. Terimakasih kami sampaikan kepada pimpinan universitas, fakultas, para keprodi dan kordinator PT yang telah memberikan motivasi dan arahan kepada mahasiswa sehingga pelepasan hari ini bisa dilaksanakan dengan baik,” lanjutnya.

Sementara itu, Rektor Unimor Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P., saat melepas secara resmi peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Unimor tahun 2023 menyampaikan profisiat kepada mahasiswa yang lolos kegiatan ini.

“Selamat mengikuti kegiatan ini, karena kegiatan ini mempunyai dampak yang luar biasa yakni meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan. Belajarlah sebanyak-banyaknya,” tuturnya.

“Saya atas nama lembaga menyampaikan terimakasih kepada duta-duta Unimor yang mengikuti kegiatan PMM di kampus lain, ini merupakan suatu kebanggaan bagi Unimor, semoga di tahun-tahun yang akan datang, bisa bertambah jumlah mahasiswa Unimor yang lolos program PMM,”lanjutnya.

“Ingatlah, jagalah nama almamatermu, kalian ini merupakan duta Unimor, berbaurlah dengan saudara-saudara disana, semoga apa yang didapat bermanfaat untuk kalian,” pungkas Rektor.

Untuk Pelaksanaan PMM Tahun 2023, Unimor berhasil mengirimkan 20 orang mahasiswa yaitu 5 orang dari Prodi Kimia, 2 orang dari Prodi Sains Matematika, 6 orang dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 6 Orang dari Prodi Ilmu Administrasi Negara, dan 1 orang dari Prodi Ekonomi Pembangunan dan 11 perguruan tinggi yang menerima mahasiswa PMM dari Unimor yakni  Universitas Padjajaran Bandung, Institut Teknologi Bandung, Universitas Djuanda, Universitas Jember, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Universitas PGRI Jogja, Universitas PGRI Madiun, Universitas Muhamadyah Malang dan Universitas Sriwijaya Palembang.

Hadir dalam acara pelepasan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan  Dr. Marsianus Falo, S.P., M.Si., Dekan FKIP Blasius Atini, S.Pd., M.Sc., Dekan FEB Aquidowaris Manek, S.E., MSA., Kepala Biro Akademik dan Umum Dra. Emmerentiana Immaculata Ukat, dan para Keprodi di yang berhasil meloloskan mahasiswanya dalam PMM tahun 2023.Humas_unimor


Fatal error: Class 'Elementor\Plugin' not found in /home/unimor/public_html/wp-content/plugins/essential-addons-for-elementor-lite/includes/Traits/Elements.php on line 347